K4-Plasawacana disediakan sebagai tempat curahan berbagai wacana atau pemikiran yang dimaksudkan untuk menjadikan SMPK 4 BPK PENABUR diperkaya dengan pemikiran kreatif atau wacana-wacana kreatif dalam mengembangkan dirinya. Perkembangan dalam : Kultur yang dibina berdasarkan N2K, Proses yang bermetodologi praktis, efektif dan modern, dan Mutu alumni yang siap mengatasi tentangan masa depan.

Minggu, 27 Januari 2008

Mengenal lebih dekat (1)

Teriring cinta sekolahku K4.

SMPK 4 BPK PENABUR dan K4-nya

Kalau Anda berjumpa anak sekolah berseragam SMP dengan kaus kaki bertuliskan K4, maka Anda dapat menarik kesimpulan bahwa anak itu adalah siswa SMPK 4 BPK PENABUR yang beralamat-surat : jalan Guntur 34, Bandung 40262. Telpon (022) 7334013. Alamat surat elektronik (e-mail) : smpk4bdg@bpkpenabur.or.id, smpk4bpkpenaburbandung@yahoo.com .
Apa makna angka 4 itu?
Angka 4 secara historis menunjukkan SMPK 4 BPK PENABUR adalah janjang SMP ke-4 yang diselenggarakan oleh BPK PENABUR Bandung. SMPK 4 BPK PENABUR pada waktu dibuka merupakan salah satu dari 3 sekolah petang/siang setelah 2 sekolah siang lainnya; SMPK 2 dan SMPK 3 BPK PENABUR. Sewaktu dibuka memanfaatkan ruang kelas SMPK 1 BPK PENABUR yang bertempat di jalan Pasirkaliki 157. Semangat melayani masyarakat yang kuatlah yang mendorong perluasan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada waktu itu yang mendasari pembukaan dan penyelenggaraan SMPK 4 BPK PENABUR.
Dalam perkembangannya yang menyesuaikan diri terhadap perkembangan peluang, dan perkembangan kebuthuan masyarakat, BPK PENABUR Bandung membuka SMP baru, yaitu SMPK 5 BPK PENABUR yang sekarang beralamatkan di jalan Sudirman 638 yang pada mulanya beralamat di jalan Sudirman 246, Bandung.
Beberapa tahun kemudian, setelah 2 sekolah pagi diselenggarakan sekolah siang diserap ke sekolah pagi, dan SMPK 4 BPK PENABUR, direlokasi ke jalan Bahureksa 26 Bandung, menjadi sekolah yang masuk pagi.
Dalam rangka mengembangkan Pendidikan Dasar Terpadu (Integrated Basic Education) dari KB/TK – SD - SMP serta memenuhi kebutuhan masyarakat, kompleks jalan Bahureksa 26, Bandung disiapkan untuk sekolah internasional atau PENABUR International School, SMPK 4 BPK PENABUR direlokasi ke Jalan Guntur 34 pada awal tahun pelajaran 2005/2006, dan di kompleks inilah Pendidikan Dasar Terpadu dikembangkan.
Ini adalah riwayat yang melekat pada angka 4 yang begitu bersejarah, yang telah mengukir tradisi dan melekat pada prestasi, di samping di hati alumni.
Angka 4 secara kontemporer telah disatukan dengan visi dan misi BPK PENABUR, menjadi K4. Visi BPK PENABUR : “Menjadi lembaga pendidikan unggul dalam Iman, Ilmu dan Pelayanan”, sudah barang tentu menjadi juga visi yang diupayakan mewujud pada diri SMPK 4 BPK PENABUR. Misi BPK PENABUR : “Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui pendidikan dan pengajaran bermutu berdasarkan Nilai-Nilai Kristiani”, menjadi tugas dan tanggung jawab yang disadari, menjadi kebanggaan dan diupayakan keterlaksanannya oleh para Guru dan segenap warga SMPK 4 BPK PENABUR.
Dalam rangka melaksanakan misinya, yaitu dalam melakukan tugas pengembangan, SMPK 4 BPK PENABUR memfokuskan perhatian dan upaya pada K4, yaitu Karakter, Keterampilan, Kepandaian (Kompetensi), dan Kreativitas. Jadi bagi warga SMP K 4 BPK PENABUR berlakulah : Ingat K 4 berarti ingat akan Karakter, Keterampilan, Kepandaian, dan Kreativitas yang harus terus dikembangkan.
Sudah barang tentu wacana yang ada, tidak akan mewujud secara begitu saja setelah diutarakan atau dinyatakan. Diperlukan kerja keras yang cerdas untuk mewujudkannya, melalui program-program yang praktis dan yang dapat memicu semangat peserta didik untuk menjadi subyek pengembangan. Melibatkan Orang Tua Siswa melalui kerja sama yang saling percaya dan saling mendukung.
Program-program itu antara lain : “Early Talent Scouting Program” dengan mengindahkan konsep “Multiple Intelligence”, “Art and Character Education Program”, “Bilingual Program in Math and Natural Science”, “Family And School Together (FAST) Program, “Program Pendayagunaan ICT – E-Learning” melengkapi program standar yang tercakup dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Untuk mendukung pelaksanaan program-program itu SMPK 4 BPK PENABUR didukung dengan Pusat Konseling PENABUR yang menolong para pihak terkait, khususnya para siswa yang menjadi subyek utama pengembangan potensi dirinya.
Untuk merealisasikan wacana Pendidikan Dasar Terpadu dan program-program yang telah disusun Pengurus telah merenovasi bangunan sekolah yang ada dari 3 lantai menjadi 4 lantai. Bahkan dilantai 4 tersedia auditorium yang luas dan megah. Auditorium ini akan dilengkapi penyekat yang cukup kedap suara disamping mudah dibuka-tutup, sehingga benar-benar fungsional.
Dengan fokus pengembangan K4, SMP K 4 BPK PENABUR bertekad tidak sekedar menghantar para alumnus untuk menempuh jenjang pendidikan selanjutnya, melainkan menghantar para alumnus memasuki gerbang kehidupan secara lebih siap.
Kiranya Tuhan Yesus berkenan dengan pergumulan ini dan memberkati setiap orang yang terlibat dalam menyusun dan melaksanakan program-progam.

Disiapkan oleh :
Pimpinan SMPK 4 BPK PENABUR.

4 komentar:

Dede Iman Gustaman mengatakan...

Selamat berkarya... sukses untuk SMPK4

Teguh Santoso mengatakan...

Wow ... great! Just noticed there was an effort to link to the international networking, through British council programme.

Please encourage the students, too.

Teguh / SMAK 1, 2, 3 teacher

Yenny Ibrahim mengatakan...

Satu langkah maju yang dilakukan SMPK 4 dengan mendayagunakan fasilitas dunia maya yang nyaris tanpa batas!! Kiranya Tuhan memberkati niat baik dan kerja keras kita semua.

Dede Iman Gustaman mengatakan...

Akan lebih baik jika orang tua murid merasakan manfaat dari blog ini, dengan demikian informasi akan cepat menyebar menjadi pembicaraan dimana mana....